5 superkomputer tercanggih

tahukah sobat superkomputer merupakan komputer dengan kemampuan speed proses yang luar biasa. penggunaan superkomputer sendiri biasanya dilakukan dalam riset yang membutuhkan penghitungan yang intensif, seperti prakiraan cuaca, riset luar angkasa dan reaksi fusi, fisi nuklir.

berikut merupakan 5 contoh superkomputer yang ada di dunia



1. MIRA

IBM (International Bussines Machines) adalah sebuah perusahaan IT yang berlokasi di Armonk, New york Amerika. IBM sendiri mengembangkan salah satu superkomputernya Blue Gene yang versinya dinamakan Mira. Mira sendiri diklaim mampu bekerja lebih cepat daripada versi Blue Gene sebelumnya


Super Komputer ini sendiri memantapkan kecepatan prosesnya sebesar 8 petaflop (kemampuan superkomputer untuk melakukan 1,000,000,000,000,000 floating point operations ) perdetik.



2. Tianhe -2

Super komputer buatan china ini termasuk dalam pemuncak daftar top500. merupakan pengembangan dari pendahulunya Tianhe-1, yang di buat pada tahun 2010. Tianhe-2 merupakan super komputer tercepat di dunia dengan kemampuan 33,86 petaflop pada benchmark linkpack, dengan 16.000 node akan semakin menambah daya memorinya, masing - masing node mempunyai kapasitas 88 Gb. dengan total 1.404 petabytes sistem memori. Sistem Tianhe-2 akan menhadirkan instalasi terbesar dari Intel Ivy Bridge processor dan Intel Phi Coprocessors. Phi coprocessor merupakan Intel Many Integrated Core (MIC) arsitektur yang dirancang untuk kerja paralel. Tianhe-2 pada daya puncaknya membutuhkan konsumsi daya sebesar 17.6 megawatts..








3. TITAN

Kombinasi dari CPU dan GPU menjadikan Titan dan Sistem - sistem lainya di masa depan untuk melebihi kekuatan dan dan batasan ruang yang ada pada generasi pendahulu komputer berkemampuan tinggi.

karena super komputer ini mampu menghandle ratusan kalkulasi secara simultan. GPU dapat bekerja melebihi CPU dalam waktu yang sama. akan tetapi hanya sedikit membuhtuhkan daya listrik. dengan mengandalkan 299.008 CPU cores untuk simulai panduan. Titan diperkirakan akan sepuluh kali lebih kuat dari pendahulunya, Jaguar, sementara menempati ruang yang sama dan  pada level daya yang sama.

Ketika selesai, Titan akan memiliki kinerja puncak teoritis lebih dari 20 petaflops, atau lebih dari 20.000 triliun kalkulasi per detik. Hal ini akan memungkinkan para peneliti di arena ilmiah, dari bahan perubahan iklim pada astrofisika, untuk memperoleh akurasi yang tak tertandingi dalam simulasi mereka dan mencapai terobosan penelitian lebih cepat daripada sebelumnya.

4. SEQUOIA

IBM Sequoia adalah sebuah petascale Blue Gene / Q superkomputer dibangun oleh IBM untuk Administrasi Keamanan Nuklir Nasional sebagai bagian dari Advanced Simulation and Computing Program (ASC). Hal itu disampaikan kepada Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) pada tahun 2011 dan sepenuhnya digunakan pada Juni 2012.
Pada tanggal 14 Juni 2012, Komite Proyek TOP500 mengumumkan bahwa Sequoia menggantikan K Komputer sebagai superkomputer tercepat di dunia, dengan kinerja LINPACK sebesar 16,32 petaflops, 55% lebih cepat dari K Komputer 10,51 petaflops, memiliki core 123% lebih dari K komputer  705.024 core. Sequoia juga lebih hemat energi, karena mengkonsumsi 7,9 MW, 37% kurang dari K komputer  12,6 MW. 
Sequoia memecahkan beberapa rekor aplikasi sains , yang pertama menyeberangi 10 petaflops kinerja berkelanjutan. Kosmologi simulasi kerangka HACC dicapai hampir 14 petaflops dengan 3,6 triliun partikel patokan run,  sedangkan kode cardioid, yang model elektrofisiologi dari hati manusia, mencapai hampir 12 petaflops dengan mendekati simulasi real-time.
Seluruh superkomputer berjalan pada Linux, dengan CNK berjalan di lebih dari 98.000 node, dan Red Hat Enterprise Linux berjalan pada 768 I / O node yang terhubung ke filesystem.

5. K-COMPUTER

The K komputer - dinamai kata berdasarkan dalam bahasa Jepang "kei" (δΊ¬?), Yang berarti 10 kuadriliun (1016) - adalah superkomputer yang diproduksi oleh Fujitsu, saat ini dipasang di RIKEN Advanced Institut Komputasi Sains di kampus Kobe, Jepang.  K komputer didasarkan pada arsitektur memori terdistribusi dengan lebih dari 80.000 node komputer. Hal ini digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk penelitian iklim, pencegahan bencana dan penelitian medis . sistem operasi K komputer didasarkan pada kernel Linux, dengan driver tambahan yang dirancang untuk memanfaatkan perangkat keras komputer.
Pada Juni 2011, TOP500 memberi peringkat K superkomputer tercepat di dunia, dengan kecepatan komputasi lebih dari 8 petaflops, dan pada bulan November 2011, K menjadi komputer pertama yang top 10 petaflops. Hal itu awalnya telah dijadwalkan selesai pada Juni 2012  pada bulan Juni 2012, K digantikan sebagai superkomputer tercepat di dunia oleh American IBM Sequoia,.  sebagai tahun 2013, K adalah komputer keempat tercepat di dunia .




0 komentar:

Posting Komentar