Sejarah : Pembebasan Arnhem oleh tentara sekutu (WWII History) (PICS) dulu dan sekarang

di bulan Mei 1945. Russia lah yang pertama kali mengibarkan bendera mereka diatas reruntuhan bangunan Reichtag di Berlin. Namun sebenarnya kejadian tersebut bisa saja berubah andai saja pasukan sekutu front barat (British dan Amerika) tidak tertahan di salah satu kota kecil di Belanda. Ya kota kecil ini bernama Arnhem kota yang mengubah kesempatan sekutu front barat untuk menduduki Berlin terlebih dulu.
 Operation Market Garden yang dilancarkan sekutu di front barat yang berakhir kegagalan sebenarnya merupakan kunci pertempuran, karena jika operasi tersebut berhasil maka Sekutu front barat bisa dengan mudah menyebrang menuju dataran Jerman. sayangnya dengan kegagalan operasi tersebut sekutu barat harus menunda niat menusuk jantung wilayah Jerman.
Market Garden adalah salah satu rencana yang paling berani pada saat perang dunia II berlangsung. Tidak kurang dari tiga puluh ribu tentara udara Inggris dan Amerika itu harus diterbangkan di belakang garis musuh untuk menduduki delapan jembatan yang membentang sepanjang sungai di perbatasan antara Belanda dan Jerman. 
Pada saat yang sama, tank Inggris dan infanteri mendorong maju melalui ruang yang sempit untuk membantu pasukan penerjun mengamankan jembatan yang masih utuh.
Rencana ini disusun oleh Jenderal Bernard Montgomery, komandan pasukan Inggris di Eropa. kemenangan Sekutu atas Jerman pada saat Invasi D-day menjadi tidak berarti kala kemajuan yang dicapai sekutu dalam pertempuran di tanah perancis sangat lambat dan berbiaya besar. kemajuan yang lambat ini dikarenakan perlawanan gigih yang diberikan oleh pasukan jerman yang masih tersisa di front barat
Meskipun demikian, setelah berminggu-minggu dalam pertempuran sengit, Sekutu akhirnya berakhir menembus daerah Perancis. Selama tiga minggu berikutnya sekutu bertempur dan berhasil menusuk daerah Perancis dan Belgia, membebaskan Kota Paris dan Brussels diantaranya. Aroma kemenangan sekutu sudah jelas terasa di udara saat itu. pertanda kekalahan Jerman akan semakin dekat.
tapi dengan semakin mendekatnya sekutu di front barat pasukan jerman malah semakin kuat dalam membentengi pergerakan pasukan sekutu. namun Jenderal Montgomery berasumsi kalau gerakan menusuk jantung pertahanan Jerman kemungkinan akan lebih berhasil daripada melakukan serangan secara bersamaan melalui daerah yang luas. oleh karena kesulitan yang ada itulah Montgomery menciptakan Operation Market Garden


(Bersambung Ke Part II)

0 komentar:

Posting Komentar