gunung tertinggi di dunia bukanlah everest.

sahabat nomorsatoe pasti sudah sering mendengar julukan puncak gunung everest sebagai puncak tertinggi di dunia khan? dengan ketinggian 8.805 meter diatas permukaan laut atau kurang lebih 29 ribu kaki. gunung everest yang terletak diantara nepal dan daerah tibet. di nepal sendiri everest dikenal dengan nama sagarmatha atau yang berarti kepala langit. benar adanya everest merupakan puncak tertinggi didunia apabila dihitung dari permukaan laut.

puncak gunung everest selalu tertutupi salju dengan suhu yang membeku.














tapi yang tidak anda ketahuilah walaupun everest adalah puncak tertinggi di dunia atau kalau kita hitung secara vertikal dari atas permukaan laut, akan tetapi gunung tertinggi di dunia bukanlah everest.






MOUNA KEA

Mouna Kea atau artinya gunung yang tinggi ini terletak di kepulauan hawai dengan tinggi  mencapai 4.205 meter diatas permukaan laut memang membuat Mouna Kea hanya memiliki tinggi setengah dari gunung Everest. tapi seperti apa kata orang bijak jangan menilai sesuatu yang tidak nampak, mungkin ada benarnya juga mengingat Mouna Kea hanya terlihat sebagian saja karena sebagiuan yang lain "terendam" berada di bawah lautan. bagian yang berada di bawah laut itu tingginya mencapai 6000 meter. bayangkan bila kita menjumlahkan antara bagian yang berada di bawah laut dan yang berada di permukaan ini berarti tinggi gunung Mouna Kea mencapai 10.200 meter. 

pada puncak Mouna Kea tertutup salju dikarenakan tinggi puncak cukup untuk menangkap udara dingin diatmosfer. Mouna Kea sendiri merupakan gunung berapi yang Dormant atau tertidur. 

















0 komentar:

Posting Komentar