7 Alasan kamu harus kuliah sambil kerja

Kerja sambil Kuliah




Mungkin bagi sebagian orang kuliah sambil kerja merupakan hal yang tidak mudah untuk dijalani. kesibukan menimba ilmu tentulah memakan energi yang sangat besar apalagi jika ditambah dengan seabrek kegiatan organisasi selain kuliah. namun kuliah sambil bekerja bisa menghasilkan rupiah yang lumayan bagi mereka yang mau bekerja keras, dan disiplin dalam membagi waktu ini alasanya :

1. Mendapat Uang tambahan
      siapa yang tidak senang jika dapat menghasilkan uang sambil kuliah. apalagi jika sudah mampu menghidupi diri mereka sendiri tanpa mengharapkan uang kiriman dari orang tua. uang tambahana yang didapat pada saat anda bekerja bervariasi tergantung dari pilihan kerja yang anda lakukan. di indonesia sendiri bekerja part time atau bekerja sambil kuliah bukan merupakan hal yang biasa dilakukan, akan tetapi di luar negeri sana para mahasiswa diajarkan untuk bisa mencari uang sendiri dengan cara bekerja part time. Lowongan part time tidak perlu lagi susah - susah dicari oleh mahasiswa sang calon pelamar tapi biasanya pihak kampus bekerja sama perusahaan atau usaha yang membutuhkan mereka akan dengan sendirinya menempel lowongan kerja di mading kampus. beberapa mahasiswa di indonesia yang tengah mengambil pendidikan di luar negeri sana malah bersyukur mereka diberi kesempatan bekerja part time karena disamping uang yang lumayan, mereka juga mampu menjaring koneksi dengan masyarakat lokal di sana.

2. Jangan Takut Kuliah terbengkalai
      salah satu manfaat bekerja sambil kuliah adalah meningkatnya kemampuan kita dalam me-manage waktu. dengan ketekunan , kesabaran dan kerja keras kita bisa memulai bekerja part time atau merintis usaha sendiri. usaha yang dirintis tidak harus berbiaya besar namun dikerjakan dalam kelompok sehingga pekerjaan akan terasa mudah dan hasilnya bisa dinikmati bersama. selain itu jangan pernah menunda untuk mengerjakan tugas - tugas kuliah, ini sangat penting karena waktu yang kita punya sangat sedikit sehingga pemanfaatan waktu harus sangat maksimal.

3. Koneksi (pertemanan) bertambah 
      siapa yang tidak senang jika memiliki banyak teman. nah dalam kasus anda berwirausaha anggap saja langganan anda adalah teman anda berilah sediikit diskon dan keramah tamahan ketika melayani pelanggan. dengan begitu pelanggan akan merasa senang dan terus datang. bukan tidak mungkin kalau pelanggan yang tertarik dengan cara anda membuka usaha mau menjadi teman anda atau bahkan menjadi partner kerja anda

4. Jangan Takut Rugi
      alasan mengapa mahasiswa malas dalam bekerja atau membuka usaha sendiri adalah jika saatnya mereka harus menghadapai resiko kerugian. dalam dunia usaha tentu ada untung dan ruginya. segeralah perbaiki kesalahan anda dan mulai membangun strategi pemasaran yang jitu jika anda mulai merasakan bahwa usaha anda jalan ditempat atau malah rugi sama sekali.

5. Dunia kerja penuh kreativitas
      hal yang paling menyenangkan dari dunia usaha adalah anda dituntut untuk selalu kreatif dalam menciptakan ide - ide baru demi mendapatkan pelanggan. hal ini akan sangat bermanfaat jika anda terapkan dalam kuliah anda. orang yang sudah berkecimpung dalam dunia usaha biasanya punya beribu macam cara untuk melewati yang namanya kesulitan. hal ini tentu akan sangat bermanfaat jika anda menemui kesulitan saat menempuh kuliah. karena dibalik masalah selalu ada cara.

6. Seorang wirausahawan adalah Risk manager.
      orang yang sudah berkecimpung di bidang usaha pasti adalah orang yang siap dengan segala resiko yang ada. oleh karena itu kemampuan orang tersebut dalam memanajemen resiko sangat reliable. orang - orang seperti inilah yang biasanya berwatak pemimpin. sehingga kemampuan berwirausaha dapat diaplikasikan dalam kepemimpinan di organisasi kampus anda.

7. Langsung mengaplikasikan ilmu di lapangan

      hal yang paling menyenangkan dari berwirausaha adalah anda dapat langsung mengaplikasikan hasil kerja anda kedalam dunia kerja. ini seperti pepatah yang mengatakan "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui" oleh karena itu berusaha juga dapat menjadi wadah dalam mengasah ilmu yang sudah kita dapat dan langsunng mengaplikasikanya dalam kehidupan nyata.

0 komentar:

Posting Komentar