Skripsi? just another piece of cake

mahasiswa di dunia mana saja pasti akan menghadapi yang namanya skripsi. karena sudah pasti dihadapi maka anggaplah skripsi ini layaknya saat - saat yang menggembirakan dalam hidup. so jangan biarkan pikiran tentang skripsi ini menjadi hambatan. karena dengan pola pikir yang seperti inilah terkadang proses pengerjaan skripsi menjadi susah.

nah yang perlu kamu perhatiin ketika telah tiba waktunya berperang adalah :

1. Persiapkan dirimu.


persiapkan dirimu dalam memulai proses pengerjaan skripsi. gunakan waktu sebaik - baiknya dalam mengerjakan skripsi, lupakan kegiatan diluar skripsi yang kurang penting, cukup tidur, sering - seringlah berinteraksi dengan teman yang juga mengerjakan skripsi, dan jangan lupa berdoa dalam proses persiapan pengerjaan skripsi.






2. Pilihlah judul skripsi sesuai kemampuan atau pilihanmu yang terfavorit.

judul skripsi bagi sebagian besar mahasiswa yang sudah mempersiapkan skripsinya biasanya bukan menjadi masalah. judul skripsi yang baik adalah judul yang ringkas dan mudah dipahami. dalam mengajukan judul skripsi hendaknya mengacu pada trend masalah yang sedang terjadi, tidak mengajukan judul yang telah diklaim oleh penyusun lain, atau memodifikasi judul skripsi dari mahasiswa lain. pilihlah judul skripsi yang sesuai dengan minat dan bakat yang anda punya, seringlah berkonsultasi dengan dosen pembimbing jika mengalami kesulitan dalam menemukan judul yang tepat.



3. ubahlah jadwalmu


jadwal anda sehari hari bisa saja berubah karena pengerjaan skripsi. lakukan beberapa perubahan misalnya :

> mengurangi jadwal - jadwal di luar kuliah yang kurang penting seperti : hangout, nonton, dan lain - lain.

> bangun lebih pagi, bangun lebih pagi memberikan kesegaran lebih pada saat anda mengerjakan revisi dari dosen pembimbing. baca dengan cermat hasil revisi yang telah diberikan dan perbaikilah revisi skripsi anda secermat mungkin sehingga anda tidak perlu mengerjakan revisi yang sama berulang - berulang di hari yang berbeda. mengerjakan revisi pada malam hari sangat tidak dianjurkan mengingat kurang tidur dapat mendatangkan penyakit dan banyak hal buruk lainya.

> biasakan melakukan janji dengan dosen pembimbing, dengan melakukan janji dengan dosen pembimbing maka kita dapat memanage waktu yang lainya sehingga pengerjaan skripsi tidak tertunda.

> jadwalkan pengambilan data, pengambilan data merupakan proses yang panjang dan cukup melelahkan, oleh karena itu berilah porsi jadwal tersendiri ketika akan melalukan pengambilan data di tempat penelitian. biasakan melakukan janji terlebih dahulu dengan sang pemberi data. modelkan terlebih dahulu cara pengambilan data yang tepat untuk skripsi anda apakah dengan menggunakan metode wawancara, kuisioner atau dengan metode lainya.

> berikan tenggat waktu pada penyelesaian masing - masing bab skripsi anda. berilah waktu lebih banyak pada pengerjaan bab III karena bab III merupakan inti dari pengerjaan skripsi anda.

4. Sering - seringlah konsul



penyakit yang biasanya menghidap pada mahasiswa skripsi adalah malas melakukan kosnultasi revisi. padahal nyawa skripsi kamu terletak pada seberapa cepat kamu menyelesaikan revisi kamu sehingga kamu bisa lebih cepat berpindah ke bab berikutnya. disamping itu dengan rajin melakukan konsultasi skripsi dosen pembimbing juga bisa menilai usaha kamu dalam menyelesaikan skripsi dan bisa saja dosen pembimbing lebih memudahkan jalanmu.










5. Persiapkan alat pendukung


alat pendukung yang sangat diperlukan dalam proses pengerjaan skripsi adalah :
alat tulis
perlengkapan menulis
printer
komputer (PC / Lapotop)

usahakan agar alat - alat tersebut terjaga dengan baik karena membeli baru atau mengganti alat - alat tersebut dengan yang baru akan sangat menguras isi dompet kamu





6. rajin - rajinlah menelpon orang rumah



dengan menelpon keluarga di rumah kamu akan merasakan semangat lebuh untuk menyelesaikan skripsi kamu. bayangkan saja bagaimana senangnya keluarga kamu mengetahui progress skripsimu berjalan dengan baik. bayangkan juga bagaimana senangnya orang tua kamu yang mendengar bahwa anaknya akan segera diwisuda.


0 komentar:

Posting Komentar