Manaat Puasa Syawal

ilustrasi beribadah















Tidak terasa bulan ramadhan yang penuh berkah telah berakhir dan juga kita baru saja merayakan hari kemenangan. tapi tahukah ladang amalan yang kita lakukan tidak hanya terputus sampai disitu karena di bulan syawal bagi umat islam terdapat satu sunnah yang bagi umat muslim akan sangat RUGI jika dilewatkan begitu saja. Sunnah tersebut adalah berpuasa dalam bulan syawal sebanyak 6 hari.

berikut adalah hadist yang meriwayatkan tentang kemanfaatan puasa 6 hari pada bulan syawal.

"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa selama 6 hari dalam bulan Syawal, maka dia berpuasa selama setahun penuh." (H.R Muslim)


Berpuasa dalam syawal memang bukan merupakan kewajiban bagi umat islam. tapi alangkah baiknya bagi umat islam yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib agar bisa melakasanakan puasa syawal. berikut adalah beberapa keutamaaan berpuasa dalam syawal.

1. Berpuasa selama 6 hari dalam bulan syawal akan menyempurnakan pahala bulan ramadhan dengan tambahan pahala berpuasa selama satu tahun.

2. berpuasa sunnah seperti berpuasa dalam bulan syawal dan bulan - bulan lainya mempunyai makna yaitu menyempurnakan amalan wajib kita yang sudah kita laksanakan. ini berarti tambahan pahala bagi kita yang menjalankan ibadah puasa.

3. Berpuasa di bulan syawal akan membuat kita umat muslim semakin terbiasa dengan amalan - amalan baik setelah meninggalkan bulan ramadhan ini berarti semakin sering kita berpuasa tentu kualitas ibadah kita akan semakin baik. ini juga sebagai sarana semakin memperbaiki kemampuan ibadah kita agar tidak hanya kuantitas saja yang diutamakan melainkan kulaitas juga.

4.Puasa di bulan syawal selama 6 hari ini juga bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga kesehatan anda dengan diet makanan. tentu karena selesai merayakan hari raya idhul fitri yang mana kita banyak makan makanan yang tidak sehat maka dengan puasa 6 hari setelahnya akan mengembalikan kembali pola makan kita. banyak beribadah dan juga banyak beraktifitas merupakan kunci agar tubuh kita tetap sehat.

dalam menjalankan amalan - amalan baik yang dapat mendatangkan pahala, kita tentu saja harus mendahulukan amalan yang wajib daripada yang sunnah. akan tetapi pada prakteknya menjalankan amalan - amalan sunnah setelah melakukan amalan - amalan wajib juga akan menyempurnakan pahala dari amalan wajib itu sendiri

Alloh juga berfirman tentang keutamaan melakukan amalan sunnah seperti yang terdapat dalam Alqur'an surat Hud : 114

"Sesungguhnya perbuatan - perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan - perbuatan yang buruk" (QS. HUD : 114)

semakin banyak kita mengerjakan amalan - amalan ibadah sunnah maka insya aloh dosa - dosa kita yang dahulu bisa tertutupi. pahala amalan beribadah puasa di bulan syawal juga bisa digunakan sebagai tabungan pahala di akhirat nanti. 

sebagai umat muslim yang selalu mengharapkan surga alloh kita sebaiknya tidak sombong karena amalan - amalan yang sudah kita kerjakan. disamping memperbaiki kualitas amalan - amalan kita tdak ada salahnya menambahkan berbagai amalan - amalan lainya sehingga kuantitas dan kualitas akan semakin abik untuk kedepanya.

0 komentar:

Posting Komentar