Tips - Tips mudik dengan Kapal Laut

Transportasi kapal laut


penulis baru saja pulang mudik dengan menggunakan kapal laut. menyenangkan rasanya menggunakan moda transportasi ini. jarak yang penulis tempuh untuk melakukan perjalanan mudik ini terbilang jauh karena penulis mudik ke tanah papua yang jauh tepatnya di kota jayapura.

berikut ini penulis akan sampaikan beberapa tips saat teman - teman akan menggukanakan transportasi kapal laut dalam melakukan perjalanan.

1. jagalah kesehatan anda saat akan melakukan perjalanan dengan kapal laut. bagi anda yang mabuk laut sebaiknya memmbawa cukup obat anti mabuk dan juga beberapa obat ringan lainya yang tentunya harus anda siapkan.

2. bawalah pakaian ganti, perlengkapan mandi, dan juga peralatan makan sekadarnya saja tidak perlu terlalu berlebihan. masukkan barang - barang yang berharga pada tas yang memiliki locker. sehingga anda akan lebih aman. jika anda harus mandi atau berpesiar diatas kapal maka minta tolonglah pada sesama penumpang agar melihat pada barang bawaan anda.

3 jangan membawa barang berharga yang ditempatkan terlalu mencolok, jika anda merasa barang bawaan berharga anda tidak aman segera titipkan pada bagian informasi karena hal ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. jangan juga meninggalkan barang anda atau menaruh barang - barang anda di luar jangkauan mata anda saat kapal sedang berlabuh ini dikarenakan aksi pencurian biasanya terjadi saat kapal sedang berlabuh

4. Berdoa dan banyak beribadah saat dalam perjalanan. bagi anda yang belum banyak tahu. kapal laut yang dikelola PT PELNI biasanya memiliki sebuah mushola tepat di belakang kapal

5. berkenalanlah dengan teman sesama penumpang kapal, hal ini sangat penting dalam banyak hal terutama dalam hal keamanan. selain itu berkenalan dengan penumpang kapal yang lain akan membuat anda tidak terlalu merasa bosan karena ada yang bisa anda ajak ngobrol.

6. bawalah uang secukupnya. di kapal laut anda mungkin akan merasakan anda tidak cocok dengan makanan yang diberikan oleh pihak kapal. maka itu siapkan uang anda jika anda ingin mencoba makanan lainya. di kafetaria  kapal biasanya tersedia makanan yang berbeda dari yang biasa diberikan oleh pihak kapal namun dengan harga yang lumayan mahal. maka dari itu bawalah uang.

7. belilah makanan saat kapal bersandar. banyak dari pedagang makanan dan asongan yang akan naik di atas kapal saat kapal sedang berlabuh. oleh karena itu anda sebaiknya menungu mereka naik daripada anda yang turun. karena harganya relatif sama dan lebih murah daripada harga barang diatas kapal.

8. bawalah powerbank untuk berjaga - jaga apabila anda kehabisan daya pada smartphone anda.

9. bawalah hiburan berupa buku bacaan, majalah, atau hal lainya. selama diatas kapal anda akan merasa sangat bosan. oleh karena itu bawalah barang - barang yang akan menjadi penghibur anda diatas kapal.


0 komentar:

Posting Komentar