Macam - Macam Lubang Neraka "SinkHole" di dunia

Pernah tidak kamu membayangkan bahwa tanah yang kamu injak, rumah yang kamu tempati sekarang mempunyai struktur tanah yang labil yang bisa amblas kapan saja menciptakan lubang besar yang menganga?. rasanya seperti sebuah mimpi buruk, akan tetapi hal seperti itu benar adanya dan mungkin saja bisa terjadi di sekeliling kita. fenomena amblasnya tanah dan menciptakan lubang yang sangat besar disebut sebagai "Sink Hole" ukuran sink hole sangat bervariasi tergantung dari penyebab amblasnya tanah misalnya saja yang terjadi di : 

1. Guatemala City, Guatemala. Sinkhole selebar 20 meter dan sedalam 150 meter ini telah menelan 20 rumah hilang serta 3 korban jiwa yang masih hilang.




Sinkhole yang tercipta secara alami berbeda dengan sinkhole yang tercipta oleh buatan manusia. terjadi ketika hujan asam merembes ke bawah tanah melalui permukaan tanah dan melalui sedimen yang akhirnya mencapai batuan dasar yang larut seperti pasir, kapur garam, dan gipsum. dalam proses yang biasanya berlangsung bertahun - tahun. air kemudian melarutkan bagian - bagian kecil dari batu dan menciptakan rongga di dalam tanah yang memungkinkan amblasnya tanah. 

2. Taichung, Taiwan 1999 merupakan sinkhole yang tercipta karena gempa bumi yang membuat amblasnya lapisan tanah di dekat pelabuhan




beda halnya dengan lapisan sedimen yang tergerus oleh lapisan air. sinkhole yang biasanya terjadi akibat gempa diakibatkan oleh struktur tanah bagian dalam yang labil yang telah memiliki rongga dan retakkan tak terisi. hanya sekali guncangan dan pergerakan tanah secara massive maka dapat dipastikan lapisan tanah bagian atas akan amblas ke bawah.

3. Sinkhole yang terjadi di dasar lautan belize.



Sinkhole yang terjadi di dasar lautan biasanya terjadi karena terjadi karena gua gua yang tercipta di bawah laut kemudian meciptakan stalaktit dan stalakmit pada saat bumi masih dalam zaman es, kemudian lautan menjadi hangat sehingga stalaktit dan stalagmit gua bawah laut tadi akhirnya amblas karena naiknya level air laut sehingga meninggalkan lubang besar yang terisi air laut sehingga berwarna biru.


 4. sinkhole yang terjadi di Orlando, US, 2002:



Sinkhole terjadi karena pipa yang terlepas melepaskan ribuan kubik air di bawah tenah, sedimen tanah yang labil kemudian amblas karena tanah di bagian bawah tidak bisa menopang berat tanah di bagian atas
.

ini adalah merupakan beberapa contoh sinkhole lainya. beberapa diantaranya terjadi di daerah urban yang banyak penduduknya.

















Sumber : Dailymail.co.uk

0 komentar:

Posting Komentar