Sejarah : Pembebasan Arnhem oleh tentara sekutu (WWII History) (PICS) dulu dan sekarang part II

Peringatan Intelijen 

A map showing the main objectives of operation Market GardenMap showing the objectives of Operation Market Garden  ©
Tentara yang pertama kali mengemban tugas operasi adalah dari kesatuan pertama pasukan penerjun sekutu, termasuk didalamnya satu divisi tentara Inggris dan dua divisi tentara Amerika. Pasukan ini sebelumnya memang telah disiagakan sejak pendaratan D-Day. Operasi ini adalah operasi skala besar yang sangat bergantung dari kemampuan tentara penerjun tersebut. Tony Hibbert yang saat itu menjabat sebagai Brigade Mayor dari Brigade Pertama pasukan penerjun.  T

Pasukan ini akan dijatuhkan dengan parasut dan dengan menggunakan pesawat terbang layang untuk selanjutnya mendarat di beberapa kota di Belanda seperti Eindhoven, Nijmegen, dan Arnhem, untuk menguasai delapan jembatan utama.

Komandan penerjun, Jenderal Boy "Browning, hanya memiliki waktu tujuh hari dalm mempersiapkan operasi ini. Informasi yag idapatkan mengenai posisi pasukan Jerman di daerah ini terlihat sangat mengkhawatirkan. Informasi yang didapat menunjukan ada dua divis SS panzer yang berjaga di sekitar Arnhem. divisi ini deprkuat dengan berbagai kendaraan dan tank. Mayor Tony Hibbert seketika melihat foto yang didapat oleh pasukan intelijen bernama Mayor Brian Urguhat tentang keberadaan dua divisi tank tersebut.
Mayor Tony yang melihat hasil foto intelijen tersebut seketika berasumsi kalau operasi yang akan dilaksanakan akan gagal dikarenakan adanya dua divisi tank tersebut. Diapun segera menemui Jendral Browning.
Deadline waktu untuk membatalkan operasi itu sudah sangat dekat. Jenderal Browning harus menimbang - nimbang antara laporan intelijen yang mungkin salah. Dia memutuskan bahwa operasi akan tetap dilaksanakan. Operasi Market Garden pun tetap dilaksanakan walau dengan keadaan yang berbahaya. 

hanya beberapa pesawat yang mampu menerbangkan pasukan dalam sekali jalan. Oleh karena faktor tersebut penerjunan akan dilakukan selama 3 hari. selain itu pertahanan anti pesawat yang ada di dekat Arnhem dianggap terlalu efektif untuk menerjunkan pasukan pesawat terbang layang di kota itu. Pasukan tersebut akan di terjunkan pada tempat yang jauhnya tujuh mil menghilangkan efek kejutan.

(bersambung part III)









0 komentar:

Posting Komentar