Keburukan tidur setelah makan sahur














Makan sahur merupakan sunah rasul agar umat islam menyantap makanan sebelum datangnya waktu shubuh. momen makan sahur yang dilaksanakan dinihari tersebut biasanya mengakibatkan orang yang makan sahur masih mengantuk. namun tahukah anda kalau setelah menyantap sahur anda anda tidur kembali, maka tidaklah baik bagi kesehatan anda. berikut adalah keburukan tidur setelah makan sahur :

1. menimbun lemak
makan sahur merupakan waktu dimana sebagian orang akan menyantap porsi makanan besar. tidur setelah makan akan mengakibatkan tertimbunya lemak yang bisa mengakibatkan kegemukan. 

2. Refluks.
makanan yang tidak tercerna sempurna bisa saja berbalik dari lambung ke kerongkongan. kejadian ini dikarenakan posisi tidur dan juga gaya gravitasi yang bekerja saat kita tidur. saat kita terbangun dari tidur terkadang sendawa kita akan keras dan menyakitkan. ini dikarenakan asam lambung naik ke kerongkongan dan melukainya, sehingga rasanya sakit seperti terbakar.

3. stroke
dikatakan kalau orang yang memiliki jarak tidur dan makan yang lama maka resiko mengidap stroke akan lebih rendah daripada seseorang yang setelah makan langsung memutuskan untuk tidur.

seandainya rutinitas anda setelah sahur memang sangat berat. maka menyempatkan tidur sebentar sebenarnya baik. akan tetapi harus diatur agar jarak setelah makan sahur dan ketika tidur tidak terlalu dekat. 

0 komentar:

Posting Komentar