Minuman berbuka puasa yang menyehatkan







Berbuka puasa merupakan moment yang paling dinanti oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. moment berbuka puasa biasanya dilakukan dengan berkumpul dengan keluarga, kerabat, maupun teman.

Rasullullah sendiri menyerukan umat islam agar menyegerakan berbuka puasa ketika waktu berbuka puasa tiba. berikut ini merupakan minuman berbuka puasa yang menyegarkan, menyehatkan dan juga halal.

1. es buah
es buah merupakan potongan beraneka ragam buah mulai dari semangka, nanas, pepaya, nangka, dan buah lainya yang di campur menjadi satu kemudian di beri sirup perasa dan juga susu kental manis sebagai toping atasnya. rasanya yang manis, segar, dan nikmat tentu cocok dijadikan menu minuman berbuka puasa. kandungan vitamin yang ada pada buah membantu mengembalikan kondisi tubuh yang seharian kurang mendapat pasokan vitamin. dan juga buah kaya akan kandungan air yang membantu tubuh mengembalikan kesegaran setelah seharian tidak minum air sama sekali.

2. kolak
kolak merupakan menu utama yang biasanya dijajakan di saat bulan puasa. kolak biasanya terbuat dari potongan buah pisang, biji salak, potongan umbi - umbian yang kemudian direbus dan kemudian ditambahkan gula aren atau gula jawa, santan dan tentu saja daun pandan sebagai pewangi. kolak merupakan menu minuman menyehatkan karena terdiri dari bahan makanan yang kebanyakan mengandung unsur karbohidrat yang mengenyangkan. ditambah lagi dengan rasa manis yang berasal dari gula aren. membuat tubuh kembali segar. tahukah anda kalau kandungan gula aren sangat berbeda sekali dengan gula pasir. Pada 100gram gula merah mengandung 90 mg kalsium, karoten, laktoflavin dan zat besi. Kandungan zat nutrisi lainnya adalah nicotinic acid, niacin, riboflavin, ascorbatic acid, thiamine, asam folat, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, vitamin A, garam mineral, dan protein., serta tidak ada kandungan kolesterol dalam gula merah.

3. es cincau
cincau merupakan bahan minuman yang mirip seperti jeli dan berwarna hitam. di negara asia timur seperti cinda dan jepang cincau bisanya dibuat dalam bentuk serbuk yang kemudian akan dibuat jeli cincau di rumah. es cincau ini selain segar, namun juga mempunyai khasiat yang sangat besar bagi tubuh. diantaranya adalah mematikan sel kanker. dipercaya cincau memilik kadar klorofil tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan, anti peradangan dan juga anti kanker

4. Es Cendol 
pasti anda sudah tahu dengan jenis minuman ini atau barangkali anda alah salah satu penikmat berat minuman ini. cita rasanya yang manis dan juga segar dengan santan kelapa yang gurih serta cendol yang merupakan bahan makanan berkarbohidrat tentu selain nikmat akan mengenyangkan perut anda. es cendol sangat bermnafaat untuk mengembalikan energi yang hilang pada saat beraktifitas di bulan puasa. 

4. Jus Buah 
jus buah merupakan menu minuman yang biasanya disiapkan jelang berbuka puasa. kandungan multivitamin dan mineral yang terdapat pada buah dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imun, mempercantik kulit, menyuburkan rambut dan juga masih banyak lagi. jadi mulailah dengan jsu buah yang anda sukai tentunya

5. STMJ
Minuman ini mungkin bukan merupakan minuman umum yang di jumpai pada saat berbuka puasa. namun tiada salahnya kalau anda memasukkan minuman ini sebagai daftar minuman berbuka puasa keluarga anda. STMJ atau susu telur madu jahe ini sesuai namanya merupakan perpaduan dari susu kedelai, madu, telur (ayam kampung maupun, ayam petelur) dan juga jahe. keistimewaan dari minuman ini adalah kandungan gizinya yang lengkap. kandungan gizi STMJ mampu meningkatkan stamina tubuh, menghangatkan tubuh, meregenerasi sel dengan adanya madu dan juga menjaga tubuh dari serangan masuk angin.

menarik bukan?, silahkan anda memikirkan minuman apa yang akan anda hidangkan pada bulan puasa. tidak ada salahnya berkreasi menciptakan minuman sendiri yang disukai anggota keluarga dan tentu saja halal. 

0 komentar:

Posting Komentar