Pentingnya hidup bertetangga yang baik

Pernah pasti kan nemuin saat - saat di mana privasi kita sedikit terganggu dengan tetangga - tetangga yang entah otaknya dipakai atau lagi didepositin di bank. pasti kesal banget kalau saat istirahat atau saat - saat bersama keluarga kita terusik oleh tetangga yang berisik.

bertetangga bukan hanya sekedar hidup bersebelahan, lebih dari itu tetangga merupakan seseorang yang dekat dengan kita. dekat disini maksudnya adalah tetangga adalah orang yang paling gampang anda butuhkan saat keluarga , atau mungkin teman - teman anda jauh. hidup bertetangga diperlukan toleransi tinggi, saling percaya, membantu, dan juga harus selalu kompak.

ini adalah sedikit tips cara hidup bertetangga, cekidot wae lah :) :

1. Tetangga harus tahu waktu
tetangga yang baik harusnya mengetahui waktu - waktu apa saja yang baik untuk melakukan aktivitasnya. jalinlah kekerabatan yang baik dengan tetangga dengan cara menghargai waktu bersantai mereka, rumah yang berdampingan jangan sampai membuat kesan surga dan neraka bagi anda dan juga tetangga anda. hargailah privasi mereka, buat mereka layaknya sebagai keluarga anda juga.

2. Menyapa tetangga
terdengar sepele bukan. tapi anda tahu dengan menyapa saja anda sudah menghilangkan sebagian rasa curiga, rasa dengki, dan juga perasaan jelek lainya pada lawan bicara anda. diam bukan merupakan solusi yang baik. mungkin anda diam karena tidak memiliki masalah, atau apapun yang anda ingin bicarakan. tapi tahukah anda terkadang diam saja bisa mengakibatkan presepsi yang berlebihan terhadap anda. jadi cobalah memulai dengan sedikit perkataan yang enak dan kemudian biasakan diri anda untuk selalu menyapa tetangga ada.

3.Berbagi di saat lebih
berbagi disaat lebih. hal yang lumrah memang tapi coba anda praktekan sendiri terkadang walau berlebihpun anda tak mau membaginya. usahakan berbagi dengan tetangga anda walaupun sedikit untuk lebih menjalin kebersamaan dan keramahan.

4. adakan kegiatan bersama
kegiatan bersama tetangga selain bermanfaat untuk menjalin keharmonisan juga bermanfaat untuk menyelesaikan masalah pekarangan atau lingkungan sekitar yang tetntu saja lebih berat jika di kerjakan sendiri. seperti kata pepatah banyak tangan lebih baik daripada hanya 2 :)

5. saling silaturahmi
kunjungilah tetangga anda. karena ketahuilah saling bersilaturahmi akan meningkatkan rejeki dan juga membuka tali persaudaraan (ukhuwah) antara sesama manusia. kenapa meningkatkan rejeki? sama dengan membuka bisnis berbasis network. semakin banyak teman semakin banyak peluang bisnis :) walaupun hanya sebentar tapi usahakan kunjungan anda bernilai positif. misalnya saja pengajian, membicarakan bisnis, saling bantu satu sama lain.

oke sampai disitu saja bagaimana menjadi tetangga yang baik. semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar