Cara berbelanja yang aman dan nyaman di Marketplace

belanja Online
Pertanyaan yang sangat sering kita pikirkan saat akan melakukan belanja online adalah : apa aman berbelanja secara online?, apa barang yang akan dikirimkan sesuai dengan apa yang kita pesan?, bagaimana jika barang tidak sesuai dengan apa yang saya minta? apakah saya bisa melakukan pengembalian barang, dan seterusnya.




disini saya akan menjelaskan keuntungan berbelanja secara online, mulai dari mudahnya berbelanja, keamanan transaksi, dan sampai kebijakan kepuasan pelanggan terhadap barang yang sudah dibelinya.

KEMUDAHAN BERBELANJA DI MARKETPLACE ATAU ONLINE SHOPING MALL.

1.  Pembeli adalah RAJA!!

Kamu adalah raja, so begitulah yang selalu didengungkan oleh marketing suatu marketplace. Pelanggan adalah raja, dan bagaimana membuat raja merasa nyaman adalah dengan menyediakan segala sesuatu yang diinginkan oleh sang raja. tentu saja yang paling dibiutuhkan oleh sang raja adalah lengkapnya barang yang dijual oleh marketplace dan juga harga yang tentu saja murah. jika anda adalah salah satu raja yang menginginkan hal tersebut maka cocoklah anda datang ke marketplace belanja online, hal ini dikarenakan banyak barang yang tersedia dijual dengan harga yang sangat murah. barang yang dijual sangat murah ini tak jarang juga diberikan potongan harga kembali berupa diskon dari pihak marketplace yang bekerjasama dengan berbagai rekanan, seperti : Bank, merchant, dan juga suplier.



2.  Uang anda aman. Asal anda tahu rulesnya dalam berbelanja
kalau kamu adalah seorang pemula dalam melakukan jual beli online. jangan takut akan resiko yang akan dihadapi. jaman sekarang hampir semua penyedia jasa layanan jual beli online berupa marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Mataharimall, dan Blibli) telah menyempurnakan sistem transaksi belanja online mereka. mulai dari kamu melakukan belanja, membayar jumlah transaksi tersebut sampai barang kamu terima semua sudah di antisipasi resikonya oleh marketplace - marketplace tersebut.


Rules yang perlu anda ketahui pada saat belanja online adalah
a. selalu gunakan layanan rekening bersama yang telah disediakan oleh marketplace tersebut, dan jangan penah sekalipun membayar diluar sistem dari belanja online tersebut (exp : anda diminta untuk melakukan transfer langsung ke rekening penjual) hal ini akan sangat berbahaya karena uang kemungkinan akan diambil oleh sang penjual tanpa perlu memproses transaksi ke pembeli.

b. Gunakan layanan kartu kredit hanya di official merchant atau office yang bekerja sama dengan marketplace tersebut. jangan penah sekalipun memberikan data kartu kredit anda ke pihak penjual atau dengan alasan apapun karena akan sangat beresiko data kartu kredit tersebut akan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

c. Selalu pilih Marketplace yang menawarkan pengembalian dana cepat. Marketplace yang kredibel akan selalu menekankan merchant atau supliernya untuk selalu siap dalam melayani pembeli. hal ini karena akan berpengaruh pada penilaian pembeli terhadap marketplace tersebut. biasanya peraturan marketplace terhadap waktu memproses barang yang sudah dibayar oleh pembeli adalah 3 hari. namun hal ini juga sangat bergantung dari ketersediaan pembeli menunggu barang tersebut diproses oleh penjual. di salah satu marketplace contohnya ada layanan yang memberikan keleluasaan pemrosesan order oleh penjual asalkan dengan persetujuan oleh pembeli. jika dalam waktu yang ditentukan barang yang dipesan oleh pembeli tak kunjung diproses maka sistem pada marketplace akan secara otomatis membatalkan order tersebut dan akan mengembalikan dana yang sudah dibayarkan ke rekening pembeli (atau bisa juga masuk kedalam saldo marketplace tersebut contoh : bukadompet, saldo tokopedia). jangan khawatir uang anda yang tersimpan di saldo marketplace pilihan anda tentu saja bisa dicairkan sewaktu waktu.

d.  Pilih marketplace yang memiliki kebijakan pengembalian barang terbaik. semua marketplace tentu ingin memberikan pengalaman berbelanja yang terbaik untuk anda. oleh karena itu jangan takut dalam melakukan transaksi di marketplace, namun jika anda mendapatkan masalah saat menerima barang yang anda pesan (barang tidak sesuai, barang rusak, barang tidak dikirim seluruhnya / partial). maka ini saatnya kamu menuju kebagian pertolongan / layanan pelanggan. perlu kamu ketahui masa komplain barang yang biasa disediakan oleh marketplace berbeda - beda satu dan yang lainya ada yang memberikan layanan 1 hari, ada yang bisa memberikan layanan sampai 14 hari masa berlaku pengembalian barang.. perlu diketahui sebagian besar marketplace akan membebankan biaya kirim barang yang bermasalah tesebut kepada pembeli. disini fungsi marketplace adalah mediator pada permsalahan tersebut. jika ditemukan barang yang cacat atau tidak sesuai tersebut adalah kelalaian dari penjual maka penjual akan diminta melakukan penggantian barang tersebut. namun jika barang yang diminta rusak oleh karena bagian pengiriman atau kurir. maka biasanya untuk penanganan order tersebut akan diganti sejumlah harga yang telah dibayarkan.

(bersambung)
. .

:

0 komentar:

Posting Komentar